Contoh Ancaman Militer

>> Agresi
  • Contohnya: Agresi militer Belanda II, agresi ini terjadi pada tanggal 19 Desember 1948 dan terjadi di kota Yogyakarta (Yogyakarta waktu itu masih Ibu kota Indonesia).
 >> Pelanggaran Wilayah
  • Contohnya: Pelanggaran wilayah yang dilakukan Malaysia terhadap Indonesia yang berlokasi di Ambalat yaitu terletak di Sulawesi yang terjadi pada tanggal 24 dan 25 Februari 2007.
 >> Spionase
  • Contohnya: Badan spionase asing telah menjadi dalang serangan cyber terhadap sistem komputer militer Amerika Serikat pada tahun 2008.
 >> Sabotase
  • Contohnya: Militer Angkatan Udara Amerika Serikat menggunakan alat pengacak sinyal dari darat yang ditujukan pada pesawat Sukhoi yang sedang menjalani masa percobaan di Indonesia. Mungkin itu yang menyebabkan pesawat Sukhoi menabrak tebing dan peristiwa itu terjadi pada tanggal 9 mei 2012.
 >> Aksi Teror Bersenjata
  • Contohnya: Kekerasan bersenjata terjadi di Nangroe Aceh Darussalam. Minggu malam, 4 Desember 2011, sejumlah pekerja perkebunan di Krueng Jawa, pedalaman Kecamatan Geureudong, Pase, Aceh Utara, yang sedang asyik menonton televisi tiba-tiba diberondong tembakan oleh orang tidak dikenal.
 >> Pemberontakan Bersenjata
  • Contohnya: Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil di Bandung pada 23 Januari 1950.
 >> Perang Saudara
  • Contohnya: Perang saudara di Ambon yang terjadi di Kota Poso, Palu dan Palopo pada tangga 19 Januari 1999. Peristiwa ini terjadi karena hal sepele yaitu saat supir taxi (orang Nasrani) bertengkar dengan orang Islam Ambon.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih