Beberapa Istilah Lain Dari Internet

  1. World Wide Web (WWW)
    Web adalah bagian multimedia dari internet dan dari jutaan halaman web (web page). Untuk melihat web dapat digunakan Web browsing seperto internet explorer.
  2. Hypertext Markup Language (HTML)
    HTML adalah susunan bahasa pemrograman internet yang digunakan untuk membuat halaman web (web page).
  3. E-mail (Eleltronic Mail)
    E-mail adalah proses surat menyurat yang dilakukan dalam internet. Surat tersebut bisa berupa text atau file.
  4. Chatting
    Chatting adalah suatu fitur dalam internet untuk berkomunikasi dengan sesama pemakai internet yang sedang online
  5. LAN
    Local Area Network yaitu jaringan komputer yang saling berkomunikasi dalam area tertentu.
  6. WAN
    Wide Area Network yaitu jaringan komputer yang saling berkomunikasi antar benua melewati batasan geografis negara.
  7. MAN
    Metropolitan Area Network, yaitu jaringan komputer dengan jangkauan geografis antara 10 km sampai dengan 50 km.
  8. HTTP
    Hypertext Transfer Protokol, adalah protokol yang berfungsi untuk mendefinisikan dan menjelaskan bagaimana server dan client berinteraksi dalam mengirim dan menerima dokumen berupa web.
  9. TCP/IP
    Tansmission Control Protokol / Internet Protokol, yaitu protokol yang terdiri dari sub protokol yang beroperasi pada lapisan yang berbeda.
  10. URL
    Uniform Resource Locator, adalah sebuah alamat di dalam internet yang terdiri dari 2 bagian yaitu pengenal protokol dan pengenal domain.
  11. FTP
    File Transfer Protokol, yaitu salah satu protokol yang dipergunakan untuk mengirim berkas antara 2 komputer.
  12. Connect
    Menghubungkan dengan internet.
  13. Disconnect
    Untuk memutuskan hubungan dengan internet (tidak terhubung).
  14. Netter
    Kumpulan atau organisasi para penjelajah (pengguna internet).
  15. Surfing
    Menjelajahi dunia maya (internet)
  16. On-Line
    Hubungan langsung secara terus menerus.
  17. Dial
    Saluran telepon yang digunakan untuk menghubungkan komputer melalui ISP (Provider).
  18. Newsgroup
    Newsgroup adalah aplikasi internet untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum. Newsgroup kemungkinan untuk menyampaikan informasi dengan cepat kepada orang-orang yang tergabung dalam sebuah kelompok.
  19. Internet Relay Chat (IRC)
    IRC adalah aplikasi internet untuk bisa bercakap-cakap (dalam bentuk teks) di internet, istilah lainnya adalah chatting.
  20. Telnet
    Telnet adalah aplikasi internet untuk mengakses komputer yang letaknya jauh dengan ketentuan tertentu.
  21. Gopher
    Gopher adalah aplikasi untuk mencari informasi  (dalam bentuk teks) yang ada di internet.
  22. Packet Internet Gopher (Ping)
    Ping adalah sarana untuk mengetahui/mengecek apakah komputer kita terhubung (terkoneksi) dengan komputer lain di internet yang dilakukan dengan cara mengirim sejumlah paket data.
  23. Browsing adalah menelusur internet secara langsung.
  24. Browser adalah singkatan untuk istilah Web Browser. Browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses World Wide Web (atau internet), dan fasilitas lainnya. Saat ini terdapat sejumlah browser yang populer, seperti Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera dan Mozilla.
  25. Teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut hanya dapat menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat. Dalam konferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya, juga berbagai aplikasi. Produk yang mendukung teleconference pertama melalui internet adalah NetMeeting yang dikeluarkan oleh Microsoft.
  26. Spam merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.
  27. Mailing List adalah fasilitas email internet, dimana pemakai dapat mendaftarkan diri ke suatu dafar pengiriman E-mail untuk suatu topik tertentu, sehingga pemakai akan secara otomatis mendapatkan kiriman E-mail setiap anggota Mailing List Manager.
  28. E-coomerce (electronic commerce) adalah bisnis yang transaksinya dilakukan dengan bantuan jaringan komputer secara online. Transaksi tersebut adalah penjual dan pembelian barang dan jasa serta pembayaran yang dilakukan melewati komunikasi digital. Teknologi yang digunakan antara lain adalah internet dan electronic data interchange (EDI).
  29. E-mail (electronic mail) adalah pesan elektronik yang dikirim dari komputer seorang pengguna ke komputer lainnya. E-mail dapat dikirimkan melalui local are network (LAN) atau internet. Kalau dahulu, data yang dikirim hanya berupa teks, sekarang dengan email dapat berisi gambar, suara, dan bahkan klip video.
  30. ASP (Active Server Pages) adalah spesifikasi untuk membuat halamanWeb dinamis menggunakan ActiveX script. Sewaktu browser membuka halaman ASP, server Web membuat halaman dengan kode HTML dan mengirimkannya kepada browser.
  31. ADSL - Asymetric Digital Subscriber Line. Sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda.
  32. Anonymous FTP - Situs FTP yang dapat diakses tanpa harus memiliki Login tertentu.
  33. Bandwidth: besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network.
  34. Banner: adalah media informasi dalam bentuk image atau gambar untuk menayangkan iklan bergambar pada sebuah webpage.
  35. GGI/Perl: bahasa komputer yang digunakan untuk membuat program interaktif di dalam sebuah webpage. Dikembangkan oleh pemakai komputer UNIX atau LINUX.
  36. Chat: adalah sebuah program yang diterapkan dalam sebuah jaringan komputer (termasuk internet) yang digunakan oleh user untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk tulisan (ketik) secara realtime (idealnya tidak ada waktu tunggu).
  37. Chatting: istilah khusus yang digunakan untuk melakukan interaksi di program chat.
  38. Client: adalah sebuah komputer yang bertugas menerima data dan informasi yang telah diolah oleh Server yang diperlukan oleh user. Client biasanya dikendalikan atau digunakan oleh seorang user.
  39. Dial-Up: adalah jenis koneksi internet dengan menggunakan jaringan telepon.
  40. Dial-Up Networking: adalah fasilitas network yang dimliki oleh sistem operasi Microsoft Windows yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi Dial-Up, yaitu koneksi jaringan, baik jaringan komputer atau internet, dengan menggunakan fasilitas jaringan telepon.
  41. DNS - Domain Name System. Merupakan layanan di internet untuk jaringan yang menggunakan TCP/IP. Layanan ini digunakan untuk mengidentifikasi sebuah komputer dengan nama bukan dengan menggunakan alamat IP (IP adress) adalah nama khusus dan unik yang digunakan untuk penamaan situs web pada internet.
  42. Download: adalah proses pengambilan atau transfer file dari sebuah situs web internet ke media penyimpanan yang terdapat di komputer.

Semoga bermanfaat sobat :)

2 comments:

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih