Contoh Membuat Karya Tulis Ilmiah Sederhana
Kemampuan menulis tidak dibawa sejak lahir melainkan dimiliki seseorang
yang melalui proses belajar. Untuk dapat memliki kemampuan menulis yang
baik seseorang harus banyak berlatih. Dengan kemampuan menulis yang
baik maka seseorang akan dapat menuangkan gagasan maupun pemikirannya
secara baik.
Dibawah ini adalah contoh dari Menulis Karya Ilmiah Sederhana yang mengacu dari beberapa sumber. Sumber tulisan bermacam-macam. Bisa dari membaca buku atau dari hasil pengamatan / observasi.
Salah satu bentuk penyampaian gagasan secara tertulis adalah dengan menyusun karya tulis, atau karya ilmiah. Biasanya, baik karya tulis maupun karya ilmiah didahului dengan kegiatan penelitian.
Dibawah ini adalah contoh dari Menulis Karya Ilmiah Sederhana yang mengacu dari beberapa sumber. Sumber tulisan bermacam-macam. Bisa dari membaca buku atau dari hasil pengamatan / observasi.
Salah satu bentuk penyampaian gagasan secara tertulis adalah dengan menyusun karya tulis, atau karya ilmiah. Biasanya, baik karya tulis maupun karya ilmiah didahului dengan kegiatan penelitian.
Demikian contoh membuat karya tulis ilmiah sederhana:
_________________________________________________________________________MENULIS KARYA ILMIAH
TENTANG
PENGHIJAUAN DI LINGKUNGAN
SEKOLAH
NAMA: ILMAN BAGUS PRAKOSO
KELAS: IX E
NOMOR: 10
1
_________________________________________________________________________
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji syukur kehadirat Tuhan yang Maha Esa, yang telah memberikan
berkat, rahmat, serta karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan karya
tulis ilmiah sederhana ini.
Adapun
maksud dan tujuan dari penyusunan karya tulis ini adalah untuk
menghimbau siswa agar peduli akan lingkungan SMP Negeri 2 Mojoagung
sehingga lingkungan di SMP Negeri 2 Mojoagung menjadi asri.
Namun
dalam penyusunannya, saya menyadari masih banyak kekurangan dan jauh dari taraf
kesempurnaan. Oleh karena itu, dengan rendah hati saya menanti saran dan kritik
yang sifatnya membangun dari semua pembaca.
Dalam
kesempatan ini perkenankanlah saya menyampaikan rasa terimakasih kepada yang
terhormat:
- Bapak Muktar, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Mojoagung
- Ibu Kusmiasih, selaku guru Bahasa Indonesia
Satu harapan yang saya inginkan semoga karya tulis ini dapat berguna bagi pembaca.
2
_________________________________________________________________________
DAFTAR ISI
Judul halaman .........................................................................................................................
Kata pengantar .........................................................................................................................
Daftar isi ...................................................................................................................................
BAB I: PENDAHULUAN
BAB II: PEMBAHASAN1.1 Latar belakang masalah ...........................................................................
1.2 Rumusan masalah ....................................................................................
1.3 Tujuan penulisan ......................................................................................
1.4 Manfaat penulisan ...................................................................................
2.1 Komponen yang terkait dalam gerakan kebersihan lingkungan sekolah..BAB III: PENUTUP
2.2 Proses .....................................................................................................
2.3 Kondisi ....................................................................................................
2.4 Perawatan ...............................................................................................
2.5 Manfaat ..................................................................................................
3.1 Kesimpulan .............................................................................................Daftar pustaka .......................................................................................................................
3.2 Saran ......................................................................................................
3
_________________________________________________________________________
BAB I
1.1 Latar Belakang Masalah
Lingkungan
merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi makhluk
hidup. Lingkungan merupakan karunia Allah yang tidak ternilai. Tanpa adanya
lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya
untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan sebaik-baiknya. Salah satu cara
pelestarian tersebut adalah dengan pelaksanaan program penghijauan (reboisasi)
secara terencana. Sebagai lembaga pendidikan yang berwawasan lingkungan, dalam
beberapa tahun ini SMP Negeri 2 Mojoagung telah menjalankan beberapa program
pengelolaan lingkungan hidup di sekolah. Namun, karena kondisi sekolah yang
kurang tanaman maka diperlukan upaya yang lebih ekstra. Berkaitan hal tersebut
di atas, SMP Negeri 2 Mojoagung bermaksud menyelenggarakan program penghijauan
di lingkungan sekolah sebagai upaya pelestarian lingkungan. Dengan
terlaksananya program ini, semoga dampak positifnya dapat dinikmati dalam
jangka panjang pada beberapa tahun ke depan.
1.2 Rumusan Masalah
- Siapa saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung?
- Bagaimanakah proses pembentukan lingkungan penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung?
- Bagaimanakah kondisi penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung?
- Bagaimanakah perawatan lingkungan penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung?
- Apa manfaat dari program penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung?
1.3 Tujuan Penulisan
- Untuk mengetahui siapa saja yang bertanggung jawab dalam program penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung.
- Untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan lingkungan penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung.
- Untuk mengetahui bagaimana kondisi penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung.
- Untuk mengetahui bagaimana perawatan lingkungan peghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung.
- Untuk mengetahui apa manfaat dari program penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung.
1.4 Manfaat Penulisan
Dengan adanya penerapan penghijauan lingkungan sekolah diharapkan bisa menjadi salah satu alternatif dalam menata dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di wilayah Indonesia. Di samping adanya kesadaran siswa yang tinggi dalam memelihara dan melestarikan lingkungan hidup dalam rangka mengantisipasi dari segala bentuk pengrusakan dan pencemaran lingkungan.
4
_________________________________________________________________________
BAB II
2.1 Komponen yang terkait dalam gerakan kebersihan lingkungan sekolah
Komponen yang bertanggung jawab langsung dengan penghijauan di lingkungan sekolah adalah siswa serta pembantu pelaksana atau pesuruh sekolah, sedangkan kepala sekolah dan sebagai guru pembina, pengarah serta ikut mengawasi kegiatan yang dilakukan oleh petugas tersebut.
Hal yang perlu dilakukan dalam penghijauan adalah:2.2 Proses
- Pengelolaan sampah
- Penghijauan
- Perawatan fisik bangunan dan lingkungan
- Sekolah menjadi pusat penghijauan yang bermanfaat bagi lingkungan
2.3 Kondisi
Kondisi Penghijauan di SMP Negeri 2 Mojoagung berjalan dengan lancar.
Sehingga lingkungan menjadi hijau, asri, sehat, bersih dan terjaga.
Cara agar lingkungan tetap terjaga adalah:2.4 Perawatan
- Jangan memetik, memangkas, merusak tanaman yang ada.
- Dilarang menginjak, bermain di taman rumput dan taman hias yang mengakibatkan rumput-rumput itu mati.
- Dilarang membuang sampah pada tanaman.
- Dilakukan kerja bakti untuk membersihkan sampah sehingga taman terlihat indah.
- Di taman sekolah diupayakan agar terawat dengan cara menyapu, menyiram, meberi pupuk sehingga bertambah subur.
- Berilah obat pembasmi hama sehingga tanaman tidak terganggu pertumbuhannya.
2.5 Manfaat
Membangun kesadaran siswa agar mempunyai wawasan lingkungan yang luas merupakan “pilar” dalam menjaga kondisi lingkungan benar-benar jauh dari berbagai sumber pengrusakan dan pencemaran lingkungan. Sebab, pada dasarnya masalah lingkungan yang mengakibatkan kerusakan lingkungan disebabkan oleh tangan-tangan manusia itu sendiri.
Dengan pola pendidikan, melalui institusi pendidikan ataupun dengan penyuluhan langsung ke siswa secara sungguh-sungguh akan terciptalah akar budaya masyarakat yang mempunyai kesadaran lingkungan yang tinggi. Artinya, etika lingkungan akan menjadi pondasi dalam setiap pembangunan di Indonesia.
5
_________________________________________________________________________
BAB III
3.1 Kesimpulan
Dengan program penghijauan lingkungan sekolah ini, sehingga kita dapat menciptakan suasana yang asri, sejuk, bersih, sehat dan dapat mendukung proses pelaksanaan KBM dengan status dalam ruang atau luar ruang.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
3.2 Saran
Mari kita mempertahankan dan meningkatkan penghijaun ataupun kebersihan di lingkungan sekolah dengan cara bekerja bakti setiap minggu sekali yaitu pada hari jumat pagi.
6
_________________________________________________________________________
DAFTAR PUSTAKA
Febri, 2012. Penghijauan di lingkungan sekolah. http://febriretnow.blogspot.com/ ,di akses 27 Januari 2013
Spenda, 2011. Proyek penghijauan. http://smpn2pamulihan.blogspot.com/ ,di akses 27 Januari 2013
Scribd, 2010. Penghijauan. http://www.scribd.com/ ,di akses 27 Januari 2013
Ilman, 2013. Program penghijauan di lingkungan sekolah. http://ilmanzblog.blogspot.com/ , di akses 27 Januari 2013
7
_________________________________________________________________________
sip membantu banget :)))
ReplyDeletesama-sama :)
Deleteterima kasih juga atas kunjungannya :>)
cheer good :d
ReplyDelete:))
Delete(h) (k)
ReplyDelete:d
Deletekak, ijin copy ya. Makasih sebelumnya kak
ReplyDeleteOyi sama-sama :)
DeleteBerguna banget, thanks yo
ReplyDeletesama-sama sahabat :)
DeleteMakasih banget yaa :))
ReplyDeleteoh iya tentu, sama-sama sahabat :)
DeleteKakak buatin aku yang lain kha...
ReplyDeleteSoalnya saya pnya tugas sekolah di suruh bikin karya tulis ilmiah...
Yang lain ya soalnya yang ini sudah ada nama sekolah lain
Waduh maaf ya, saya ndak ada waktu. Jadwal saya padat, coba kamu bikin sendiri saja. Bisa kan? Masa anak Indonesia tidak bisa. Semangat ngerjain tugasnya :)
DeleteMantap :D Moga" Di SMP N 6 Gorontalo Ngak Ada yang sama seperti ini, soalnya gue mau ambil yang ini hehehehe, ijin ambil kak......
ReplyDeleteHahaha oke Gan ;)
Deletekak bisa tak membuat karya ilmiah yang lebih baik lagi
ReplyDeletemantap mas gan
ReplyDeleteTerimakasih ... :D
Sami-sami bro ;)
Deletekurang bagus
ReplyDeleteTerima kasih masukannya gan ;)
Deleteudah baguss brow
ReplyDeletekak, ijin copy ya. Makasih sebelumnya kak
ReplyDeleteMonggo. Sama-sama ;)
DeleteWah, bagus mas, saya izin copy ya.untuk gambaran membuat karya ilmiah saya .Terimakasih
ReplyDeleteKakk . Ijin copy yaa ;D
ReplyDeleteMakasihh banyakk kakk :D :)
Makasih ya mas .. mantap dah , izin copy mas
ReplyDeleteBagus banget mas. Membantu buat nambah pengetahuan tentang karya ilmiah saya. :))) Big thanks for you. :D
ReplyDeleteBagus banget mas. Membantu buat nambah pengetahuan tentang karya ilmiah saya. :))) Big thanks for you. :D
ReplyDelete