Contoh Hasil Teks Laporan Observasi Desa



HASIL LAPORAN OBSERVASI DESA
DI KEC. MOJOAGUNG KAB. JOMBANG

No
Nama Desa
Laporan
1
Gambiran
Kantor Desa Gambiran terletak di selatan masjid Darul Falah dan menghadap ke arah timur. Desa Gambiran terletak di utara Desa Janti dan di barat Desa Kademangan. Kondisi lingkungannya bersih, karena sudah disediakan tempat sampah untuk sampah organik, non organik dan komposter. Tapi, masih ada juga penduduknya yang sering buang sampah di sungai, jadi keaadan sungainya kotor. Penduduknya cukup padat, penduduknya juga hidup rukun dan tentram, karena di Desa Gambiran sering diadakan acara-acara sosial seperti pengajian, musyawarah dengan masyarakat desa, gotong royong dan tasyakuran bersama. Tempat pendidikan di Desa Gambiran antara lain ialah TK Bayangkari dan SDN Gambiran 1 dan 2. Dan di  Desa ini juga terdapat Bimbingan Belajar yaitu LIBMI dan PRIMAGAMA.
2
Mancilan
Kantor Desa Mancilan terletak di Gang pertama dan arahnya menghadap barat, lebih tepatnya arah timur laut dari Indomaret Mancilan. Desa Mancilan ini terletak di selatan Desa Betek dan di utara Desa Kauman. Desa ini cukup ramai pengunjung, karena banyak pengusaha-pengusaha yang berusaha di Desa tersebut, antara lain pengusaha counter, warnet, air isi ulang, barang bangunan, dll. Penduduknya pun cukup rukun antar sesama tetangga walau berbeda golongan ORMAS. Antaranya NU, Muhammadiyah dan LDII. Kondisi lingkungannya bersih, karena setiap pagi ada orang yang mengambil sampah di setiap rumah. Di Desa ini ada juga beberapa tempat pendidikan, antara lain TPQ, Play Group, SDN Mancilan 1, 2, 3, SMP Terpadu, SMP Unggulan dan SMK Unggulan.
3
Kauman
Kantor Desa Kauman terletak di gang pertama dan menghadap ke utara. Desa Kauman terletak di selatan Desa Mancilan dan di timur Desa Gambiran. Kondisi lingkungannya bersih. Penduduknya sangat padat, jarak antar rumah satu dengan rumah yang lain sangat rapat. Tempat pendidikan di Desa Kauman antara lain TPQ, MI Sulaimaniyah dan TK Muslimat. Di desa ini juga terdapat masjid yang sangat besar yaitu masjid Ar-Ridlo. Masjid ini bisa dikatakan sebagai pusat Masjid di Mojoagung, karena di masjid ini sering diadakan pengajian Akbar dan mengundang para kyai-kyai terkenal.
4
Betek
Kantor Desa Betek terletak di selatan SDN Betek 1 dan menghadap ke arah Timur. Desa Betek terletak di utara Desa Mancilan. Kondisi lingkungannya cukup bersih. Penduduknya juga tidak terlalu padat dan jarak satu rumah dengan rumah lain masih renggang, penduduknya hidup tentram dan situasinya pun tenang. Di Desa Betek juga ada tempat pendidikan, antara lain TPQ, TK dan SDN Betek 1 dan 2.
5
Janti
Kantor Desa Janti terletak di utara SDN Janti dan menghadap ke arah timur. Desa janti ini terletak di selatan Desa Gambiran. Kondisi lingkungannya cukup bersih. Penduduknya juga cukup padat. Di Desa ini juga ada beberapa tempat pendidikan, antaranya SDN Janti, SMPN 2 Mojoagung dan SMAN Mojoagung. Dan juga ada tempat Bimbingan Belajar seperti SSC dan Ganesha Operation.

KESIMPULAN

Kecamatan Mojoagung berbatasan dengan 4 kecamatan lain, yaitu:
  • Sebelah timur: Kecamatan Trowulan
  • Sebelah barat: Kecamatan Peterongan
  • Sebelah utara: Kecamatan Sumobito
  • Sebelah selatan: Kecamatan Mojowarno
Kecamatan Mojoagung juga terdiri atas 18 Desa, antaranya Desa Miagan, Desa Mojotrisno, Desa Mancilan, Desa Kademangan, Desa Kauman, Desa Tanggalrejo, Desa Dukuhmojo, Desa Dukuhdimoro, Desa Gambiran, Desa Karangwinongan, Desa Betek, Desa Janti, Desa Murukan, Desa Karobelah, Desa Johowinong, Desa Tejo, Desa Kedunglumpang dan Desa Seketi. Tetapi dalam laporan yang saya buat ini, saya hanya melaporkan 5 Desa saja, yaitu Desa Gambiran, Desa Mancilan, Desa Kauman, Desa Betek dan Desa Janti.
Menurut pengamatan saya pada tahun 2013 ini, Desa yang paling baik dari desa yang saya simpulkan diatas adalah Desa Gambiran. Karena di Desa Gambiran sudah menyediakan dan menjalankan program-program yang bermanfaat bagi kehidupan penduduknya. Seperti menyediakan tempat sampah untuk sampah organik dan non organik, terdapat juga komposternya sebagai pembuat pupuk alami. Di Desa ini juga sering mengadakan acara-acara sosial dan keagamaan yang dapat mempererat hubungan silaturrahim bagi penduduknya. Terdapat juga slogan-slogan kebersihan yang dipasang di setiap jalan di Gambiran.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih