5 Makna Lambang Pancasila

Halooo, masih ada yang belum hafal ke 5 sila dari pancasila? Sungguh terlalu jika ada. Padahal 5 sila ini sudah diajarkan mulai dari Sekolah Dasar kan. Hmm .. Kalau begitu mari kita mengingat dan menghafalkannya lagi. Namun, untuk yang masih ingat dan hafal mari kita memperdalaminya lagi makna dari ke 5 lambang pancasila.

Pengertian
Pancasila merupakan ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama Pancasila diambil dari bahasa sansekerta yaitu panca yang berarti lima dan sila yang berarti dasar. Adapun arti dari Pancasila adalah lima dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila tersusun atas 5 sila yaitu, Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan, serta Keadilan Sosial Bagi Indonesia.

Makna Lambang Pancasila adalah sebagai berikut:
  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
    Lambang: Bintang
    Makna: Bintang dimaksudkan sebagai sebuah cahaya, mengandung makna nur cahyo. Bintangnya memiliki 5 sudut maksudnya untuk menerangi dasar negara yang lima dan tujuan negara yang lima. Sedangkan warna hitam melambangkan warna alam atau warna asli.
     
  2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
    Lambang: Rantai
    Makna:
    Mata Rantai yang berbentuk segi empat melambangkan laki-laki sedangkan lingkaran adalah perempuan. Mata rantai yang saling berkaitpun melambangkan satu sama lain dan perlu bersatu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
     
  3. Persatuan Indonesia
    Lambang: Pohon Beringin
    Makna:
    pohon beringin merupakan pohon yang besar dimana banyak orang bisa berteduh di bawah naungan Negara Indonesia. Selain itu, pohon beringin memiliki sulur dan akar yang menjalar ke mana-mana namun tetap berasal dari satu pohon yang sama, seperti halnya keragaman suku bangsa yang menyatu dibawah nama Indonesia.
     
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
    Lambang: Kepala Banteng
    Makna:
    K
    epala Banteng merupakan hewan sosial yang suka berkumpul seperti halnya musyawarah di mana orang-orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu.
     
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
    Lambang: Padi dan Kapas
    Makna:
    Padi dan Kapas merupakan kebutuhan dasar setiap manusia yakni pangan dan sandang sebagai syarat utama untuk mencapai kemakmuran yang merupakan tujuan utama bagi sila ke lima ini.

8 comments:

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih