Contoh Surat Permintaan

PT Barokah Jaya
Jalan Janti 18 Mojoaung
Kode Pos16482, Telepon (027) 797787, Fax (027) 878485
E-mail: barokah_jaya@gmail.com
Bankir: BCA, BRI

Mojoagung, 14 Februari 2014

Nomor: 767 / BJ / 86
Hal: Permintaan daftar harga bibit padi

Yth. Kepala KUD
Jalan Juwet 54B
Mojoagung

Dengan hormat,
      Dengan ini, kami memberitahukan Anda bahwa perusahaan kami ingin mengembangkan usaha dalam bidang pertanian, terutama bibit padi dengan kapasitas 2 hektar.
      Dengan adanya peningkatan konsumen di perusahaan kami, maka kami ingin memenuhi permintaan konsumen, terutama beras. Berkenaan dengan hal tersebut, kami mohon Anda mengirimkan daftar harga bibit padi. Apabila ada brosur mohon agar dilampirkan. Selain itu, kami meminta keterangan-keterangan mengenai:
  1. Syarat pembayaran
  2. Syarat penyerahan barang
  3. Cara mengirim uang
  4. Sifat penawaran
  5. Potongan yang diberikan, dan
  6. Keterangan lain yang berhubungan dengan syarat-syarat jual beli bibit padi termasuk PPN.
         Demikian permintaan kami, atas perhatian Anda kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,          

Soedjipto             
(Direktur)            

Surat permintaan diatas merupakan contoh teks negosiasi resmi. Negosiasi resmi adalah perundingan yang dilakukan antara pihak yang memiliki badan hukum, seperti perusahaan, lembaga, instansi, dan sebagainya. Oleh karena itu, penulisan hendaknya mengacu pada ketentuan aturan yang berlaku. Struktur pada teks negosiasi resmi, tampak jelas pada contoh teks diatas, yaitu adanya kop surat, tanggal pembuatan surat, nomor, hal, dan tujuan pengiriman surat, pembuka, isi, penutup serta tanda tangan dan nama terang. Isi merupakan hal terpenting yang menunjukkan proses negosiasi.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih