Bentang Alam Vulkanik

Bentang alam pegunungan berkaitan dengan peristiwa keluarnya magma dari dalam bumi menuju ke permukaan bumi.
Berdasarkan bentukannya, bentang alam vulkanik dibedakan sebagai berikut:
  1. Kubah vulkanik, merupakan bentuk gunung api yang berbentuk cembung ke atas
  2. Depresi vulkanik, adalah relief bagian vulkan, (puncak gunung api) yang secara umum berupa cekungan. Berdasarkan material yang mengisinya depresi vulkanik dibedakan menjadi tiga, yaitu:
    • Danau vulkanik, yaitu danau di daerah gunung api yang terjadi akibat sebuah erupsi dan bagian dindingnya berupa batuan yang kedap air sehingga terisi oleh air hujan seperti danau.
    • Kawah, sebuah cekungan yang berada di daerah gunung api akibat sebuah erupsi tetapi tidak terisi oleh air dan hanya terisi oleh letusan seperti kawan tangkuban perahu.
    • Kaldera, yaitu cekungan besar yang berasal dari sebuah erupsi, kemudian erupsi-erupsi itu ditumbuhi oleh vulkan-vulkan baru.
  3. Dataran vulkan, yaitu dataran luas yang terdapat di daerah pegunungan. Orang sering menyebut dengan dataran tinggi, misalnya dataran tinggi Bandung, dataran tinggi Dieng.
  4. Vulkan semu, yaitu bentang alam seperti kerucut vulkan yang bahan penyusun utamanya berasal dari material vulkan yang berada di dekatnya.

Jika menurut sobat artikel ini bagus dan perlu untuk dibaca orang lain. Arahkan kursor sobat ke lingkaran hijau yang ada disebelah kiri sobat, dan bagikanlah ke teman-teman FB, Twitter, Google Plus, Dll.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih