Batas-Batas Astronomis dan Geografis Indonesia

  • Letak Astronomis Indonesia
    Letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang (garis khayal yang melingkari permukaan bumi secara horizontal) dan garis bujur (garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan). Letak astronomis Indonesia adalah antara 6˚LU - 11˚LS dan antara 95˚BT - 141˚BT. Berdasarkan letak astronomisnya Indonesia dilalui oleh garis equator, yaitu garis khayal pada peta atau globe yang membagi bumi menjadi 2 bagian sama besarnya. Garis equator atau khatulistiwa terletak pada garis lintang 0˚. Pengaruh letak astronomis Indonesia adalah:
    • Wilayah Indonesia berada di zona iklim tropis.
    • Wilayah Indonesia terbagi menjadi 3 daerah waktu yaitu WIB (Waktu Indonesia Barat), WITA (Waktu Indonesia Tengah), WIT (Waktu Indonesia Timur) yang disebabkan setiap pergeseran 15 garis bujur menyebabkan terjadinya perbedaan waktu satu jam.
  • Letak Geografis Indonesia
    Letak suatu daerah atau wilayah dilihat dari kenyataan dipermukaan bumi. Secara geografis Indonesia terletak diantara 2 samudra (samudra Hindia dan samudra Pasifik) serta antara 2 benua (benua Asia dan benua Australia). Letak Indonesia sangat strategis sehingga berpengaruh besar terhadap kondisi ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih