- Kata Mutiara -

Tangisan Anda bukanlah tanda cengeng, melainkan jiwa besar Anda mengucap syukur atas segala anugerah yang telah diterima.

Memuat...

Cara Test Koneksi Jaringan Internet

          Untuk mengetahui kondisi jalinan koneksi yang ada antar bagian perangkat maupun dengan ISP, dapat dilakukan tes koneksi. Berikut ini akan dibahas tata cara melakukan tes koneksi.
a.  Tes Koneksi dengan ISP
Internet Service Provider merupakan sumber utama aliran bandwidth ke dalam jaringan. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengecek kondisi koneksi antara komputer pengguna ke DNS-ISP dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
  1. Dari menu Start, pilih menu Run atau tekan tombol Windows + R + Enter.
  2. Pada kotak dialog Run tulis pada kotak menu Open: ping <nomor IP> -t;
    Nomor IP adalah nomor dari IP komputer yang hendak dituju. Jika kita hendak mengecek koneksi-koneksi komputer yang kita gunakan dengan komputer server pada ISP sesuai dengan penunjukan DNS-nya, maka kita dapat menulis nomor IP pada sebelah kanan perintah Ping. Sementara tanda difungsikan untuk menampilkan hasil pengecekan, kondisi koneksi secara terus menerus. Tanda   tanda -t maka hasil pengecekanhanya ditampilkan sekali saja. Berikut dicontohkan alamat nomor IP dari DNS Internet Service Provider adalah 192.168.1.2. Maka penulisan perintah ping seperti pada gambar dibawah ini:
    Setelah perintah ping ditulis seperti pada gambar diatas, akhiri dengan menekan OK. Untuk kemudian akan ditampilkan jendela ping yang memuat hasil pengecekan koneksi, contohnya seperti gambar ini:
    Baris-baris "Reply from ..." merupakan hasil pengecekan setiap kali pengecekan. Sementara itu, jika terdapat baris cek "Request Time Out", maka menunjukkan terputusnya koneksi. Dari hasil pengecekan kondisi koneksi di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi koneksi cukup baik. Gambaran kondisi trafik dan koneksi jaringan dengan server pada ISP dapat diketahui melalui rangkaian baris hasil pengecekan tersebut. 
    b.  Tes Koneksi dengan Router
         Pengecekan kondisi koneksi juga dapat dilakukan antara komputer pengguna dengan router. Router berfungsi sebagai Gateway yang merupakan pintu gerbang menuju ISP. Contoh cara mengecek koneksi dengan Nomor IP Router: 192.168.0.1 -t maka langkah yang dapat ditempuh antara lain:
    1. Dari menu Start, pilih menu Run atau tekan tombol Windows + R + Enter.
    2. Pada kotak dialog Run, ketik ping 192.168.0.1 -t pada kotak menu Open. Dan akhiri dengan menekan OK. Untuk kemudian akan ditampilkan jendela hasil pengecekan sambungan koneksi komputer yang kita pergunakan dengan router. Jika hasil pengecekan kondisi koneksi menunjukkan setiap baris tertulis "Reply From ..." Maka dapat disimpulkan bahwa kondisi koneksi sangat baik tanpada ada masalah.
    c.  Tes Koneksi antar Client dan Server
         Tes koneksi antar client maupun dengan server dapat dilakukan dengan cara yang hampir sama dengan tes koneksi sebelumnya. Yang membedakan dari tes koneksi ini dalah nomorIP dari client atau server tujuan.
    Jika koneksi komputermu  ke komputer dengan nomor IP: 192.168.0.24 mengalami masalah. Ada beberapa kemungkinan yang melatarbelakangi masalah tersebut, antara lain:
      1. Ada kemungkinan komputer client dengan nomor IP tersebut tidak sedang dalam keadaan aktif.
      2. Ada kemungkinan konektor tidak tersambung secara benar dengan LAN card pada PC atau Hub.
      3. Ada kemungkinan sambungan kabel mengalami putus, terjepit, atau tidak terhubung dengan benar pada konektor.
      4. Ada kemungkinan Hub tidak diaktifkan atau mengalami gangguan.
    Dari hasil pengecekan koneksi dapat disimpulkan bahwa koneksi antar bagian dalam jaringan dimungkinkan mengalami gangguan. Untuk mengecek letak permasalahan tersebut dapat dicek dengan ping ke bagian server lokal, router, dan server ISP. Dengan demikian kita dapat mengetahui di mana letak permasalahan yang ada.


    Semoga Bermanfaat :)

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih