Pengertian dan Prinsip Belajar

  • Pengertian BelajarBelajar adalah perubahan tingkah laku, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak terampil menjadi terampil, dari belum dapat melakukan sesuatu menjadi dapat melakukan sesuatu dan lain sebagainya. Perubahan tersebut merupakan perubahan yang timbul karena adanya pengalaman dan latihan. Jadi belajar bukanlah suatu hasil, akan tetapi merupakan suatu proses untuk mencapai tujuan dalam rangka memenuhi kebutuhan menuntut ilmu. Proses belajar adalah mengalami, berbuat mereaksi dan melampaui.
  • Prinsip BelajarLandasan utama dalam mencapai keberhasilan belajar adalah kesiapan mental. Tanpa kesiapan mental, maka tidak akan dapat bertahan terhadap berbagai kesukaran (kesulitan) yang dihadapi selama belajar.
    Setiap siswa hendaknya mempunyai minat yang besar terhadap semua mata pelajaran yang diterima di sekolah. Suka atau tidak suka semua mata pelajaran harus ditempuh. Sikap membenci pelajaran tidak ada manfaatnya. Sikap terbaik ialah mengambil sikap positif dengan berusaha menyukai semua mata pelajaran yang diajarkan.
Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar, berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan tidak mengandung perkataan yang buruk seperti sara, porno, saling mencaci maki, dan lain-lain.

Terima Kasih